jump to navigation

DSS part II May 30, 2008

Posted by triphilodia in Uncategorized.
trackback

Halo  halo….

Sudah sekian lama gak nge-post trus sekarang baru ngepost nih…sekarang  gw akan ngebahas tentang ANP yaitu analytical Network Process…

Nih teori hampir sama kayak AHP deh, dari tugas 8 yang gw dapet pengertian ANP itu adalah:

 

 

“ Analytic Network Process ( ANP) adalah suatu teori yang umum dari pengukuran relatif yang digunakan untuk memperoleh skala nisbah prioritas gabungan dari skala nisbah  individu yang menghasilkan pengukuran relatif dari pengaruh unsur-unsur yang saling berhubungan berkenaan dengan kriteria-kriteria pengendali. “

Tugas dan jurnal DSS yang saya cari kebanyakan diambil dari situs sciendirect.com.  

Selanjutnya di tugas berikutnya, yaitu tugas kesembilan  saya membuat model ANP, model ANP yang saya buat menggunakan software superdecision… Awalnya saya agak kesulitan dan canggung dalam menggunakan superdecision  ini, karena baru pertama kalinya saya menggunakannya. Akan tetapi sesudah diperhatikan ternyata cara kerjanya tidak jauh beda dengan Expert Choice, hanya saja pembobotan untuk criteria dan alternatifnya lebih banyak..

Yang perlu ditekankan dalam pembuatan ANP di superdecision yaitu mengenai pembobotan. Makin banyak relasi dari satu kriteria ke kriteria maka makin banyak pembobotan yang harus dilakukan.  

 

Kemudian di tugas kesepuluh saya membuat model ANP sendiri, model yang saya buat adalah pemilihan mata kuliah pilihan di TIUI. Kriteria yang digunakan pada model ini adalah mahasiswa dan dosen. Mata kuliah yang dijadikan alternatif adalah mata kuliah analisa multivariat dan ketrampilan interpersonal

Lalu untuk tugas berikutnya saya mencari jurnal simulasi modeling yang mendukung pengambilan keputusan. Simulasi yang digunakan pada jurnal ini adalah mengenai pengambilan keputusan dalam kelompok dan tim.

Dari pengalaman saya menggunakan software superdecision, ternyata ada kelemahannya, satu dari sekian kluster yang dibuat harus mempunyai satu cluster alternatif. Dan namanya pun musti cluster alternative!!!

Secara umum DSS tuh sangat berguna banget, emang sih sekarang belum berasa tapi kalo udah kerja bisa jadi salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Udah deh segini aja.. daaah….

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

