jump to navigation

Koq bisa nyampe di TI-UI??? April 5, 2008

Posted by triphilodia in my college corner.
trackback

Assalamualaikum,,

Seperti telah diketahui, pada halaman muka blog ini saya menuliskan bahawa saya adalah mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Indonesia angkatan 2005.

terhitung sejak saya membuat blog ini, maka saya masih aktif menjadi mahasiswa tingkat tiga semester genap.

Dalam post kali ini saya akan menceritakan awal mula dan alasan saya masuk ke jurusan TI-UI ini dan pengalaman saya seputar SPMB..

Sebelum masuk kuliah, sebenarnya saya tidak mengetahui apa itu teknik industri, mau belajar apa aja dan nanti kalo uda lulus bakal kerja dimana..

Namun dari tingkat penerimaan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) untuk tahun 2004, diketahui bahwa jurusan TI-UI merupakan jurusan yang paling diminati ketiga setelah Fakultas kedokteran dan fakultas Ilmu Komputer untuk tingkat UI.

Mungkin teman-teman SMA saya banyak yang menginginkan masuk ke Fakultas Kedokteran, namun entah kenapa pada saat itu sampai sekarang saya tidak berminat masuk ke FK. Alasannya ketidakberminatan saya tersebut karena saya agak kurang menyukai hafalan. Seperti tulisan pada post perdana saya, saya tidak bermaksud menyingung pihak manapun.

Dalam pemilihan SPMB, pilihan pertama saya adalah TI-UI dan pilihan kedua saya adalah Teknik Mesin UI.

Sebelum ikut SPMB, saya hanya mengikuti bimbingan belajar BTA di SMA 68 (itupun lebih sering gak masuknya J) dan hanya mengikuti sekali try-out SPMB yang diadakan BTA (itupun passing grade saya hanya sekitar 49 apalagi passing-grade TI-UI kurang-lebih mencapai 60). Selain itu saya tidak mengikuti program intensif SPMB manapun.

Jadi, setelah saya pikirkan lagi, ternyata saya cukup nekad untuk memilih TI-UI sebagai pilihan pertama saya.

Sebagai cadangan, saya juga mendaftar dan ikut tes masuk STAN (sekolah Tinggi Akuntansi Negara).

Pada saat pengumuman SPMB, sangat tidak saya duga bahwa saya lolos SPMB dan masuk TI-UI. Namun untuk seleksi STAN saya tidak berhasil lolos L.

Mungkin hal ini juga merupakan anugrah dari Allah yang telah memberikan jalan bagi saya yang hanya lolos SPMB.

Di salah satu koran ibukota, saya ketahui bahwa TI-UI masuk peringkat 7 sebagai jurusan yang paling diminati dengan passing-grade yang tinggi di SPMB secara nasional untuk SPMB tahun 2005.

Mungkin itu saja pengalaman yang bisa saya beri seputar SPMB yang telah saya ikuti..

Wassalam..

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

